Sejarah

STT Ibnu Sina 23 September 2018 Taslim 33



Sejarah STT Ibnu Sina Batam

Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPISTA) didirikan pada tanggal 27 Rajab 1397 H bertepatan dengan tanggal 14 juli 1977 M sebagai sambutan ummat manusia setempat terhadap rencana pemerintah Republik Indonesia untuk menjadikan pulau Batam sebagai pusat pengembangan industry, perdagangan dan pariwisata.

Semenjak itu YAPISTA telah mengayunkan langkah demi langkah sesuai dengan kemampuan dan kepercayaan masyarakat yang diamanatkan kepadanya untuk mendidirkan dan membina sekolah-sekolah dari tingkat yang paling rendah sampai ketingkat perguruan tinggi, dalam segala bentuk dan jurusan secara bertahap.

Sampai pada tahun 1992, Yasasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) telah memiliki dan mengasuh Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan status Diakui oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, maka dimulailah memikirkan untuk mendirikan Sekolah Tinggi Teknik (STT) yang di pandang sangat sesuai dengan situasi dan kondisi Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) maupun dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)  bagi pembangunan pulau Batam dan sekitarnya.

Pada bulan jinni 1999 Ir. Zainal melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (H.Andi Ibrahim, BA) membicarakan rencana pendirian Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina. Kurang lebih satu tahun kemudian tepatnya pada 31 Agustus 2000 M bertepatan pada tanggal 01 Jamadil Akhir 1421 H, diajukanlah proposal pendirian Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina kepada Direktur Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI) melalui Koodinator KOPERTIS Wilayah X. satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 September 2001 Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam diberi Izin untuk menyelengggarakan program studi dan mendirikan Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina dengan surat bernomor: 204/D/O/2001 Ketua Umum Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (YAPIS) menetapkannya sebagai hari berdiri Sekolah Tinggi Teknik (STT) IBNU SINA.

Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina dalam kapasitasnya sebagai lembaga pendidikan didirikan sebagai bukti kepedulian untuk ambil bagian dalam pembangunan Kepulauan Riau (KEPRI) pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya, demi terwujudnya Kota Batam sebagai Badar Dunia yang Madani.  




Top